Senin, 16 Januari 2017

RPP SKI DI MA kurtilas

rpp ski di madrasah aliyah kelas x kurikulum 2013





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Madrasah                      :
Mata Pelajaran                        : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas/SMT                              : X / Ganjil
Materi Pokok                          : Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 Menit


A.      Kompetensi Inti (KI)
KI-1    : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2    :  Menghayati  dan  mengamalkan    perilaku  jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  peduli  (gotong  royong, kerja sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai  bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3    : Memahami menerapkan menganalisis   pengetahuan   faktual,   konseptual,   prosedural berdasarkan  rasa  ingintahunya  tentang  ilmu  pengetahuan,  tehnologi,  seni,  budaya,  dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4    : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1  Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah terhadap masyarakat
2.1  Memiliki semangat melakukan perubahan ke arah yang baik sebagai impelementasi dari hikmah memahami kondisi masyarakat Mekah sebelum Islam.
3.1. Memahami  kondisi Masyarakat Mekah  sebelum Islam
       Indikator:
3.1.1.          Menjelaskan keadaan bangsa Arab sebelum Islam
3.1.2.          Menyebutkan sesembahan Masyarakat Makkah sebelum Islam
3.1.3.          Menjelaskan budaya masyarakat Makkah sebelum Islam
3.1.4.          Mendiskripsikan keadaan masyarakat Makkah sebelum Islah.
4.1.  Menceritakan kondisi masyarakat Mekah sebelum Islam
Indikator:
4.1.1             Menceritkan kondisi Bangsa Arab sebelum Islam


C.    Tujuan Pembelajaran

Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, siswa dapat menjelaskan agama dan kepercayaan, mengidentifikasi keadaan masyarakat Arab, keadaan sosial budaya, pandangan masyarakat Arab terhadap kaum wanita, menyebutkan ibrah dari peradaban bangsa Arab sebelum masa ke-Rasulan Muhammad saw. dan dapat mencari informasi lanjutan  baik melalui  membaca  sumber  lain,  mengamati  keadaan sekitar terkait dengan materi SKI.

D. Materi Pembelajaran
1. Menjelaskan Kondisi Bangsa Arab Sebeleum Islam:
a) Pengertian bangsa arab.
b) Kondisi geografis bangsa arab.
c) Macam-macam bangsa arab.
     c.1. Arab Ba’idah
     c.2. Arab Aribah
     c.3. Arab Musta’ribah
d) Kondisi politik bangsa arab.
e) Suku Quraisy.
f) Sistem kepercayaan dan agama suku quraisy.
g) Sistem ekonomi suku quraisy.        
h) Sistem sosial suku quraisy.
i) Sistem budaya suku quraisy.
j) Pandangan terhadap wanita
2. Kenabian dan Kerasulan Nabi Muhammad SAW:
a) Masa kelahiran Nabi Muhammad SAW.
b) Masa pernikahan Nabi Muhammad SAW.
c) Masa kenabian dan kerasulan Nabi Muhammad SAW.
d) Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

E.  Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.  Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang  siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2.  Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya didepan kelas.
3.  Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mengakses internet dirumah, mencari bahan bacaan tentang peradaban bangsa arab sebelum Islam, kemudian meresume dan memberikan komentar seperlunya.

 F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
    1.  Media
Gambar tentang masa peradaban bangsa arab sebelum Islam
2.  Alat/Bahan
- Laptop, LCD Proyektor, Slide
    3.  Sumber Belajar
-  Buku Ajar siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X
-  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
-  Ensikopledi Islam
-  Internet

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskrepsi
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal



10 menit

1)      Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa

2)      Menyapa kondisi kelas dan mengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas

3)      Guru mengajak siswa melafalkan surat Al-Fatihah secara bersama.

4)      Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari

5)      Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
Kegiatan Inti
65 menit

1). Mengamati
* Guru membagi kelas menjadi tiga kelompok dan membagi 3 topik yang berbeda yang terdiri.
                I.            Membahas Pengertian bangsa arab, kondisi geografis bangsa arab, macam-macam bangsa arab, kondisi politik bangsa arab, suku Quraisy.
             II.            Membahas Sistem kepercayaan dan agama suku quraisy, sistem ekonomi suku quraisy, sistem sosial suku quraisy, sistem budaya suku quraisy, pandangan terhadap wanita
          III.            Membahas Kenabian dan Kerasulan Nabi Muhammad SAW: Masa kelahiran Nabi Muhammad SAW, Masa pernikahan Nabi Muhammad SAW, Masa kenabian dan kerasulan Nabi Muhammad SAW, Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

* Guru mempersilahkan siswa untuk membaca dan mengamati materi sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat memerankan topik


2)   Menanya
Pada saat berdiskusi mengalami masalah, maka siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru, agar permasalahan yang dialami siswa dapat terpecahkan dan diskusi di kelompok tersebut dapat berlangsung dan berjalan lancar.


3)   Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
§  Masing-masing kelompok mendiskusikan bagaimana cara memerankan topik mulai membagi karakter dan bagaimana cara mengekspresikan topik dalam peran


4)   Mengasosiasi
Setiap siswa diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari


5)   Mengkomunikasikan
Setiap kelompok menyampaikan kesimpulan di depan kelas, yang setiap kelom[pok diwakili oleh 2 orang, 1 sebagai moderator dan satu lagi sebagai penyaji. serta memberikan catatan hasil diskusi kepada guru dan 2 kelompok lainnya.

Kegiatan Penutup
15 menit

1)       Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran


2)       Guru memberikan penguatan materi ajar


3)       Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi tentang peradaban bangsa arab sebelum islam dari buku-buku, ataupun browsing via internet.


4)       Guru memberikan sedikit motivasi yang ada kaitannya dengan peradaban bangsa arab sebelum islam, sebagai bekal untuk pembentukan karakter sisea yang mempunyai rasa cinta dengan sejarah islam.


5)       Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis, dan guru mengucapkan salam.


H. Penilaian
 1. Jenis/teknik penilaian
      (Unjuk Kerja / Kinerja melakukan Praktikum / Sikap)
2.    Bentuk instrumen dan instrumen
(Daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian kinerja/Lembar penilaian sikap/Lembar Observasi/Pertanyaan langsung/Laporan Pribadi/Kuisioner/Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/Lembar penilaian portofolio
3.   Pedoman penskoran (terlampir)



Kepala Madrasah




.................................................
   NIP:

............,......................
Guru Bidang Studi




............................
     NIP:

PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..
No
Aspek Pengamatan
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
Jumlah Skor


















LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR

Nama Peserta Didik    :………………….
Kelas                           :………………….
Materi Pokok              :………………….
Tanggal                       :………………….
PETUNJUK
         Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
         berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
2
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas
3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang
4
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain

Keterangan :
       SL = Selalu  , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
       SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
       KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
       TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
















Lembar Penilaian Antar peserta didik
Sikap Disiplin
(PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)


Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik yang dinilai        : ………………….
Kelas                                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan                           : …………………..
Materi Pokok                                      : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Masuk kelas tepat waktu
2
Mengumpulkan tugas tepat waktu
3
Memakai seragam sesuai tata tertib
4
Mengerjakan tugas yang diberikan
5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
6
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
Jumlah Skor
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



Contoh :
Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
X 4 = 3.33
14
24
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik                 : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup                         : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33                  

0 komentar: