RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Madrasah :
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas/SMT : X / Ganjil
Materi Pokok : Kondisi
Masyarakat Makkah sebelum Islam
Alokasi
Waktu : 2 x 45
Menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI-2 :
Menghayati
dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli
(gotong
royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan
faktual,
konseptual,
prosedural berdasarkan
rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Meyakini bahwa setiap
muslim memiliki kewajiban
berdakwah terhadap masyarakat
2.1 Memiliki semangat melakukan perubahan ke arah
yang baik sebagai impelementasi dari hikmah memahami kondisi masyarakat Mekah
sebelum Islam.
3.1. Memahami kondisi Masyarakat Mekah sebelum Islam
Indikator:
3.1.1.
Menjelaskan keadaan bangsa Arab sebelum Islam
3.1.2.
Menyebutkan sesembahan Masyarakat Makkah sebelum Islam
3.1.3.
Menjelaskan budaya masyarakat Makkah sebelum Islam
3.1.4.
Mendiskripsikan keadaan masyarakat Makkah sebelum Islah.
4.1. Menceritakan kondisi masyarakat Mekah sebelum Islam
Indikator:
4.1.1
Menceritkan kondisi Bangsa Arab sebelum Islam
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, siswa dapat
menjelaskan agama dan kepercayaan, mengidentifikasi keadaan masyarakat Arab, keadaan sosial budaya, pandangan masyarakat Arab terhadap kaum wanita, menyebutkan ibrah dari peradaban bangsa Arab sebelum masa ke-Rasulan Muhammad saw. dan dapat mencari informasi lanjutan baik
melalui membaca sumber
lain,
mengamati
keadaan sekitar terkait dengan materi SKI.
D.
Materi Pembelajaran
1. Menjelaskan Kondisi
Bangsa Arab Sebeleum Islam:
a) Pengertian bangsa arab.
b) Kondisi geografis
bangsa arab.
c) Macam-macam bangsa arab.
c.1. Arab Ba’idah
c.2. Arab Aribah
c.3. Arab Musta’ribah
d) Kondisi politik bangsa
arab.
e) Suku Quraisy.
f) Sistem kepercayaan dan
agama suku quraisy.
g) Sistem
ekonomi suku quraisy.
h) Sistem sosial suku
quraisy.
i) Sistem budaya suku
quraisy.
j) Pandangan terhadap
wanita
2. Kenabian dan Kerasulan Nabi Muhammad SAW:
a) Masa kelahiran Nabi Muhammad SAW.
b) Masa pernikahan Nabi Muhammad SAW.
c) Masa kenabian dan kerasulan Nabi Muhammad SAW.
d) Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan
Pembelajaran)
1.
Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah
seorang siswa menjadi moderator, seorang
menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing
kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2.
Tanya jawab, guru membagikan beberapa
pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap bangku diberikan tiga pertanyaaan
untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan
kesempatan untuk menyampaikan jawabanya didepan kelas.
3.
Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh
siswa untuk mengakses internet dirumah, mencari bahan bacaan tentang peradaban
bangsa arab sebelum Islam, kemudian meresume dan memberikan komentar seperlunya.
F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media
Gambar tentang masa peradaban bangsa arab sebelum Islam
2. Alat/Bahan
-
Laptop, LCD Proyektor, Slide
3.
Sumber Belajar
-
Buku Ajar siswa Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas X
- Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
- Ensikopledi Islam
- Internet
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Deskrepsi
|
Waktu
|
|
|
Pendahuluan/Kegiatan
Awal
|
10 menit
|
||
|
|
1)
Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
|
||
|
|
2)
Menyapa
kondisi kelas dan mengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta
kebersihan kelas
|
||
|
|
3)
Guru mengajak siswa melafalkan surat Al-Fatihah secara bersama.
|
||
|
|
4)
Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari
|
||
|
|
5)
Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
|
||
|
Kegiatan Inti
|
65 menit
|
||
|
|
1). Mengamati
* Guru membagi kelas menjadi tiga
kelompok dan membagi 3 topik yang berbeda yang terdiri.
I.
Membahas Pengertian bangsa arab, kondisi geografis
bangsa arab, macam-macam bangsa arab, kondisi politik bangsa arab, suku
Quraisy.
II.
Membahas
Sistem kepercayaan dan agama suku quraisy, sistem ekonomi suku quraisy, sistem
sosial suku quraisy, sistem budaya suku quraisy, pandangan terhadap wanita
III.
Membahas Kenabian dan Kerasulan
Nabi Muhammad SAW: Masa kelahiran Nabi Muhammad SAW, Masa pernikahan Nabi
Muhammad SAW, Masa kenabian dan kerasulan Nabi Muhammad SAW, Kepemimpinan Nabi
Muhammad SAW.
* Guru mempersilahkan siswa untuk
membaca dan mengamati materi sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan
masing-masing kelompok dapat memerankan topik
|
|
|
|
|
2)
Menanya
Pada saat berdiskusi
mengalami masalah, maka siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya
secara langsung pada guru, agar permasalahan yang dialami siswa dapat
terpecahkan dan diskusi di kelompok tersebut dapat berlangsung dan berjalan
lancar.
|
|
|
|
|
3)
Mengeksplorasi/mengumpulkan
data/mengeksperimen
§ Masing-masing
kelompok mendiskusikan bagaimana cara memerankan topik mulai membagi karakter
dan bagaimana cara mengekspresikan topik dalam peran
|
|
|
|
|
4)
Mengasosiasi
Setiap siswa diminta untuk
mengkaitkan
materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
5)
Mengkomunikasikan
Setiap kelompok menyampaikan
kesimpulan di depan kelas, yang setiap kelom[pok diwakili oleh 2 orang, 1
sebagai moderator dan satu lagi sebagai penyaji. serta memberikan catatan
hasil diskusi kepada guru dan 2 kelompok lainnya.
|
|
|
|
Kegiatan
Penutup
|
15 menit
|
||
|
|
1)
Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
2)
Guru memberikan penguatan materi ajar
|
|
|
|
|
3)
Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi tentang
peradaban bangsa arab sebelum islam dari buku-buku, ataupun browsing via
internet.
|
|
|
|
|
4)
Guru memberikan sedikit
motivasi yang ada kaitannya dengan peradaban bangsa arab sebelum islam,
sebagai bekal untuk pembentukan karakter sisea yang mempunyai rasa cinta
dengan sejarah islam.
|
|
|
|
|
5)
Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis, dan guru
mengucapkan salam.
|
|
|
H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
(Unjuk Kerja /
Kinerja melakukan Praktikum / Sikap)
2.
Bentuk instrumen dan instrumen
(Daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian
kinerja/Lembar penilaian sikap/Lembar Observasi/Pertanyaan langsung/Laporan Pribadi/Kuisioner/Memilih jawaban/
Mensuplai jawaban/Lembar penilaian portofolio
3. Pedoman penskoran (terlampir)
|
Kepala Madrasah
.................................................
NIP:
|
|
............,......................
Guru Bidang Studi
............................
NIP:
|
PEDOMAN
OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut
:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
|
No
|
Aspek Pengamatan
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
|
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
|
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
||||
|
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||
|
Jumlah Skor
|
|||||
LEMBAR PENILAIAN
DIRI
SIKAP
JUJUR
Nama Peserta Didik :………………….
Kelas :………………….
Materi Pokok :………………….
Tanggal :………………….
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
|
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
|
1
|
Saya
tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
|
||||
|
2
|
Saya
menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan
tugas
|
||||
|
3
|
Saya
melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang
|
||||
|
4
|
Saya
berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
|
||||
|
5
|
Saya
mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain
|
Keterangan :
•
SL = Selalu , apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
•
SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
•
KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
•
TP = Tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Lembar Penilaian Antar peserta
didik
Sikap Disiplin
(PENILAIAN
TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
|
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||||
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||||
|
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
||||
|
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
||||
|
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
|
6
|
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
|
Jumlah
Skor
|
|||||
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Contoh :
Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
|
X 4 = 3.33
|
24
Peserta didik
memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik : apabila memperoleh skor : 2.33
< skor < 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor < 1.33
0 komentar:
Posting Komentar